Halal Bihalal dan Latihan Pemadam Kebakaran oleh Banser Solokuro

Lamongan , Aksesnusantara.id – Momentum Halal bihalal yang diselenggarakan oleh keluarga besar Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Solokuro kali ini nampaknya beda dengan lainya. Biasanya, Halal bihalal yang mayoritas dan pada umumnya diselenggarakan disebuah gedung dan dengan berbagai acara ceremonial serta hiburan. Tetapi kali ini acara dikemas dengan acara Apel dan Latihan Bersama (Latber) Banser PAC GP Ansor Solokuro. Bertempat di desa Dagan (Jum’at, 11/6).

Kegiatan digelar di lapangan desa Dagan secara terbuka dengan rangkaian acara untuk pengulasan materi dan peralatan yang dipersiapkan sedemikian rupa dengan mendatangkan 1 unit mobil Damkar dari Kesatuan Banser Pemadam Kebakaran (Balakar) PW GP Ansor Jatim.

Disampaikan oleh M. Masyhur, M.Pd, Ketua GP. Ansor kabupaten Lamongan bahwa, Banser adalah tentara NU. Banser selalu siap menjaga Ulama dan NKRI. Banser juga dituntut untuk meningkatkan kapasitas dan keahliannya dalam penanggulangan bencana.

“Banser hars terus berkhidmat kepada ulama dan siap kapanpun membantu masyarakat jika ada yg membutuhkan atau kena musibah. Banser juga harus terus berusaha meningkatkan kapasitas dan keahlian dalam penanggulangan bencana termasuk bencana kebakaran” Ujar M. Masyhur

Ditambahkan oleh Toni Wibisono, SH, S.Pd bahwa, Tujuan dilaksanakan Halal bihalal dengan model Apel dan Latber merupakan metode menyambung tali silaturahmi sekaligus mengasah kemampuan di bidang penanganan kebakaran.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih anggota Banser Satkoryon Solokuro agar mampu di bidang penanganan kebakaran dan supaya bermanfaat bagi masarakat di lingkunganya masing-masing”tutur Toni

Kegiatan yang melibatkan anggota Banser se Satkoryon PAC Solokuro dengan dibatasi masing-masing desa 5 anggota ini dengan mematuhi protokol kesehatan, karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Sinergi dengan penuturan Kepala Desa Dagan, Warjidan bahwa, Banser diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah

“Kami ucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan ini. Harapan kami banser bisa bersinergi dengan pemerintah pada kegiatan – kegitan yang ada”terang Waridjan

Senada dengan yang disampaikan Amalan selaku Kasatkorcab Banser Lamongan dalam sambutan disampaikan Banser agar selalu kordinasi dan komunikasi dengan pimpinan dan tetap Satu Komando di bawah pimpinan GP. Ansor.

“Banser harus selalu koordinasi dengan pimpinan dan satu komando dengan GP. Ansor”tegas Amalan.

Dalam tempat yang sama acara Rapat kordinasi dan evaluasi program PAC Ansor oleh semua Pengurus dan Ketua Ranting Ansor se PAC Solokuro berlangsung karena dalam momentum ini sesuai dengan Tupoksi acara bahwa, Banser di Latber dan GP. Ansor pada rapat Koordinasi sekaligus evaluasi.

Turut hadir meramaikan acara Jajaran instruktur Banser Lamongan, Pengurus MWC NU Solokuro, Pengurus PAC GP Ansor Solokuro, Pengurus NU Ranting Dagan. (yos’03)

Share :